Manfaat Luar Biasa Bawang Dayak untuk Penyembuhan Penyakit

Manfaat Luar Biasa Bawang Dayak untuk Penyembuhan Penyakit - Bawang Tiwai merupakan sebutan untuk Bawang Dayak (Eleutherina Americana) yang menjadi salah satu spesies tumbuhan berbunga dan berumbi yang tumbuh liar di hutan Kalimantan yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat pedalaman suku dayak sebagai obat/ramuan tradisional terpercaya turun temurun untuk mengatasi berbagai penyakit degeneratif.


Manfaat Luar Biasa Bawang Dayak untuk Penyembuhan Penyakit
Bawang Dayak secara empiris banyak digunakan dalam pengobatan herbal dan terbukti berhasil dengan baik dalam proses penyembuhan. Pengalaman menunjukan tanaman ini dapat meningkatkan efek farmakologi khasiat tanaman herbal lain. Dalam buku Berjudul TUMBUHAN BERGUNA INDONESIA, penulis K.Heyne mengungkapkan banyak manfaat dari Bawang Dayak ini.

Dalam Bawang Dayak ini terkandung senyawa-senyawa seperti Alkaloid, Saponin, Triterfenoid, Steroid, Glikosida, Tanin, Fenolik dan Flavonoid yang biasa dijadikan bahan baku obat. Telah diuji klinis di Yayasan Kanker Indonesia di Sidoarjo (Jawa Timur) tidak mengandung gula, ragi, penyedap, pewarna dan zat pengawet (aman konsumsi, alami tanpa efek samping).

Bawang Dayak selain sebagai anti infeksi, anti bakteri anti radang dan pembersih darah juga berkhasiat untuk menyembuhkan gejala kronis terutama penyakit dalam seperti kanker/tumor.
Selain itu Tiwai cukup efektif mengatasi gangguan pada :

- Sistem Pernafasan seperti mengurangi lendir dalam paru-paru, sakit dada karena muntah darah dan radang paru-paru karena TBC, mengatasi bronkhitis (asma akut), membantu mengatasi sinusitis akut, polip/bersin-bersin, hypertiroid, gangguan pada getah bening, gondok (radang cabang tenggorok), dan mengeluarkan lendir batuk, flu dan sisa-sisa kotoran polusi yang masuk ke dalam sistem pernafasan

- Sistem Peredaran Darah & Saraf seperti mengembalikan fungsi pembuluh darah sebagai pembawa oksigen, nutrisi dan antibodi, menormalkan sistem kerja jantung yang lemah, mengatasi gejala nyeri dada & jantung berdebar, melancarkan sirkulasi darah karena asam urat, mengontrol panas kaki dan peradangan pembuluh vena karena varises, mengatasi penumpukan lemak pada darah (gejala jantung koroner), menghambat pembentukan sel darah putih (leukosit) berlebihan (gejala leukimia/kanker darah), menurunkan kadar gula darah karena diabetes, meringankan gejala lumpuh/stroke karena hipertensi, insomnia, vertigo (mata berputar-putar/gejala kanker otak), gelisah tidur, migrain (sakit kepala sebelah), menguatkan fungsi daya ingat yang menurun (pelupa) dan membantu mengembalikan sel-sel saraf yang rusak.

- Sistem Pencernaan & Metabolisme seperti radang usus (gejala thypus), maag akut/nyeri lambung, gangguan pankreas, menurunkan kolesterol dan berat badan berlebih (obesitas), mengurangi lemak, melancarkan bab, mencegah sembelit, mual dan kembung dan mengencangkan perut, menyeimbangkan fungsi kerja sistem hormon, menguatkan imun/daya tahan tubuh, mengatasi lelah, mengatasi radang ginjal/nyeri pinggang, menormalkan fungsi liver (hati) dan pengkerutan hati, menghancurkan batu ginjal dan batu empedu, mengatasi hepatitis (kanker hati), merangsang keringat, memelihara stamina dan vitalitas.

- Organ Kewanitaan dan Reproduksi melancarkan haid dan gangguan nifas, mengatasi nyeri haid, membersihkan rahim, mencegah dan mengurangi lendir keputihan, menjaga dan merawat organ intim, merapatkan vagina, mengeringkan radang payudara, mengatasi kanker rahim (kista/myioma), memberikan perawatan kesehatan pasca melahirkan.

- Organ Pria seperti mengatasi kanker prostat, mengurangi pembengkakan, meningkatkan libido, mengatasi gangguan vitalitas/fungsi seksual (disfungsi ereksi/impoten dan ejakulasi dini), memperkuat daya tahan sperma dan mengatasi kelainan fungsi seksual akibat diabetes dan jantung.

- Sistem Ekskresi/Pembuangan seperti melancarkan saluran kencing/ureter, mengatasi gangguan kemih (tidak lancar, berdarah, nyeri dan anyang-anyangan) serta mengatasi ambeien/wasir.

- Otot, Tulang dan Kulit seperti mengatasi keluhan lemas-kaku-tegang-gemetar, mengurangi kram, kesemutan, nyeri otot, membantu menguatkan tulang, mengatasi reumatik, kaki bengkak, pengapuran, mengatasi gatal karena alergi, panu, kadas, kurap, kutu air, mengencangkan dan menghaluskan kulit, meremajakan sel kulit, menghilangkan vlek dan jerawat serta merevitalisasi sel-sel dalam tubuh.