Bawang Berlian & Bawang Merah, Serupa Tapi Tak Sama


Sekilas penampilan umbi bawang berlian memang mirip bawang merah: berumbi bulat, berlapis-lapis, berwarna merah. Sebutannya pun sama-sama bawang. Meski mendapat sebutan bawang, sejatinya bawang berlian sama sekali tidak ada hubungannya dengan tanaman bawang-bawangan seperti bawang merah atau bawang putih yang anggota famili Liliaceae.

Bawang Berlian & Bawang Merah, Serupa Tapi Tak Sama
Bawang berlian merupakan tanaman anggota famili Iridaceae. Artinya dia justru berkerabat dekat dengan tanaman hias gladiol. Bawang berlian yang juga sohor disebut sebagai bawang dayak, bawang sabrang, atau bawang kapal itu kini mulai dikebunkan di luar Kalimantan, misal di Bogor, Provinsi Jawa Barat. Beberapa herbalis dan pasien menanam sebagai tanaman dalam pot di pekarangan.

Kendati tidak terlalu istimewa, bawang sabrang sering ditanam di pot sebagai penghias teras. Tanaman herba semusim itu bisa mencapai tinggi 30—40 cm. Bawang berlian berbatang semu membentuk rumpun umbi berlapis dengan bentuk bulat telur berwarna merah. Daunnya berbentuk pita sepanjang 15—20 cm, lebar 3—5 cm mirip palem. Bunga mungil berkelopak lima, warna putih. Tanaman yang membutuhkan matahari langsung itu diperbanyak dengan anakan atau umbi.