Bawang Dayak, Sejuta Manfaat Untuk Kesehatan

Bawang Dayak, Sejuta Manfaat Untuk Kesehatan
Hasil riset di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB), menunjukkan umbi Bawang Dayak mengandung senyawa naphtoquinonens dan turunannya seperti elecanacine, eleutherine, eleutherol, dan eleuthernone. Naphtoquinones dikenal ampuh sebagai antikanker, antioksidan, antimikroba, anticendawan, antivirus, dan antiparasitik. 

Umbi Bawang Dayak (eleutherine palmifollia) mengandung alkaloid, saponin, triterponoid, steroid, glikosida, tannin, fenolik dan flavonoid. Dari hasil penelitian, triterpenoid dan fenolik dalam umbi Bawang Dayak memberikan efek hipoglikemik yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Sedangkan flavonoid bersifat sebagai antioksidan yang dapat memelihara kesehatan tubuh dan kulit.

Bawang Dayak juga memiliki senyawa aktif naphtoquinon eleutherine yang berpotensi sebagai antikanker. Zat aktif tersebut dapat menghambat kerja enzim topoisomerase II yang berperan penting dalam fase replikase dan foliperasi sel kanker.

Bawang Dayak selain sebagai anti infeksi, anti bakteri, anti radang dan pembersih darah juga berkhasiat menyembuhkan gejala kronis, terutama penyakit dalam seperti kanker/tumor.

Dalam sistem peredaran darah dan saraf, Bawang Dayak dapat mengembalikan fungsi pembuluh darah sebagai pembawa oksigen, nutrisi dan antibodi, menormalkan sistem kerja jantung yang lemah, mengatasi gejala nyeri dada dan jantung berdebar, melancarkan sirkulasi darah karena asam urat, mengontrol panas kaki dan peradangan pembuluh vena karena varises.

Untuk sistem pencernaan dan metabolisme, tanaman ini bisa mengobati radang usus  (gejala thypus), maag akut/nyeri lambung, gangguan pankreas, menurunkan kolesterol dan berat badan berlebih (obesitas), mengurangi lemak, melancarkan bab, mencegah sembelit, mual dan kembung dan mengencangkan perut.

Bawang Dayak juga efektif mengatasi gangguan pada sistem pernafasan. Misalnya, mengurangi lendir dalam paru-paru, sakit dada karena muntah darah dan radang paru-paru karena TBC, mengatasi bronkhitis (asma akut), membantu mengatasi sinusitis akut, polip/bersin-bersin.

Bagi kaum hawa, Bawang Dayak berkhasiat untuk organ kewanitaan dan reproduksi. Misalnya, melancarkan haid dan gangguan nifas, mengatasi nyeri haid, membersihkan rahim, mencegah dan mengurangi lendir keputihan. Bahkan bisa untuk menjaga dan merawat organ intim, merapatkan vagina, mengeringkan radang payudara, mengatasi kanker rahim (kista/myioma), memberikan perawatan kesehatan pasca melahirkan.

Untuk kalangan pria, Bawang Dayak juga bisa mengatasi kanker prostat, mengurangi pembengkakan, meningkatkan libido, mengatasi gangguan vitalitas/fungsi seksual (disfungsi ereksi/impoten dan ejakulasi dini), memperkuat daya tahan sperma dan mengatasi kelainan fungsi seksual akibat diabetes dan jantung.

Para ahli berpendapat bahwa antioksidan yang terdapat pada Bawang Dayak mampu mereduksi resiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.