Cara Meramu Bawang Dayak Untuk Kesehatan

Cara Meramu Bawang Dayak Untuk Kesehatan
Alam ini memiliki kekayaan yang sangat tinggi, apalagi kalau kita mengetahui semuanya termasuk manfaat dan fungsinya, maka sebagai manusia kita akan bersyukur dengan kekayaan yang dianugerahkan Tuhan tersebut. Penemuan demi penemuan dilakukan manusia yang selalu berinovasi, padahal sebenarnya penemuan tersebut sudah menjadi tradisi dan adat bagi masyarakat lokal tertentu. Dan hal itu menjadi ramai diperbincangkan saat ada penelitian medis lebih lanjut.

Hal demikianlah yang terjadi pada bawang dayak atau yang biasa disebut juga dengan bawang berlian. Bagi masyarakat lokal Borneo, bawang ini sudah menjadi bahan yang dijadikan ramuan khusus untuk menjaga kesehatan mereka. Mereka melakukan cara meramu bawang dayak yang tradisional melalui proses mencoba, dan semakin hari cara yang dihasilkan semakin memberikan manfaat yang sangat berkhasiat.

Sekarang, cara meramu bawang dayak tersebut sudah bisa Anda dapatkan informasinya melalui artikel ini. Untuk mendapatkan manfaatnya, silahkan Anda miliki bahan bakunya terlebih dahulu, baru bisa meracik dan meramunya dengan cara sebagai berikut :

Menjadikannya Bubuk (Powder)

Cara meramu bawang dayak yang pertama adalah dengan menjadikannya bubuk. Pertama tama, iris tipis umbi bawang segar yang sudah dicuci sebelumnya dengan ukuran kurang lebih 3 mm, selanjutnya irisan bawang tersebut dikeringkan dengan cara dijemur selama kurang lebih 2 hari untuk mengurangi kadar air yang dikandungnya. Selama proses pengeringan ini hindarkan irisan bawang dayak dari sinar matahari langsung.

Cara pengeringan lainnya bisa dengan menggunakan oven sampai kadar air yang dimiliki tersisa tidak lebih dari 10%, pastikan suhu oven yang digunakan tidak lebih dari 400 derajat celcius. Setelah irisan tersebut mengering, maka giling atau tumbuk hingga menjadi halus. Bagi beberapa produsen obat herbal, bubuk tersebut dijadikan kapsul agar lebih praktis dikonsumsi.

Menyeduh Dengan Air Panas

Cara ini efektif dilakukan apabila Anda ingin menetralkan radikal bebas dengan memaksimalkan kandungan antioksidan yang terdapat pada bawang dayak. Untuk cara meramu bawang dayak ini adalah dengan menyiapkan satu suing bawang dayak, iris tipis, lalu seduh dalam di dalam segelas air panas atau dengan memanaskannya menggunakan api kecil. Jika Anda memilih untuk memanaskan dengan api kecil, pastikan air seduhan tersebut tidak sampai mendidih.

Kandungan antioksidan berupa senyawa antosianin dalam bawang dayak akan larut dalam air yang digunakan untuk menyeduh irisan bawang tersebut. Silahkan Anda konsumsi air seduhan tersebut setelah dingin. Lakukan hal ini secara rutin, maka Anda akan terbebas dari serangan radikal bebas yang berbahaya.

Demikianlah 2 pilihan cara meramu bawang dayak untuk kesehatan. Semoga memberikan Anda wawasan baru tentang keajaiban bawang ini.